Kamis, 13 September 2012

Di Bawah Villanova, Fabregas Jadi Gelandang Bertahan?

oleh Taufik Husni
Bola Mania – Gelandang Barcelona, Cesc Fabregas dilporkan siap dimainkan sebagai gelandang bertahan. Hal itu dilakukannya demi mendapat tempat di starting XI Barcelona di bawah asuhan pelatih baru Tito Villanova.

“Saya bukan seorang pemin yang akan mencetak 30 gol dalam satu musim dan bertarung untuk merebut pichichi –sebutan top skor di La Liga-. Saya jauh dari itu,” kata Fabregas sebagaimana dikutip dari Tribal Football.

Fabregas menjelaskan bahwa sebagai pemain, ia siap dimainkan di mana saja. Saat Barca masih dilatih Pep Guardiola, Fabregas bermain sebagai pengatur serangan dan diinstruksikan agak ke depan saat menyerang. Bahkan di timnas Spanyol, Fabregas sempat dijadikan penyerang tengah dalam Formasi 4-3-3. Ia bermain cukup bagus dan mencetak beberapa gol di posisi itu serta berhasil membawa La Furia Roja menjuarai Euro 2012 lalu.

“Saya seorang gelandang, dan benar dalam beberapa musim lalu saya banyak gol. Ketika saya ditempatkan agak ke depan, saya mencoba melakukan itu (mencetak gol),” kata mantan kapten Arsenal itu.

“Namun ketika saya dimainkan agak lebih ke dalam, saya mencoba menunci posisi itu (gelandang bertahan), membantu pergerakan tim, dan jika ada kesempatan mencetak gol saya akan melakukannya. Tapi bukan itu yang diminta bos dari saya,” tambah Fabregas.

“Saya harus melakukan apa ang pelatih minta dari saya, dan itu bukan untuk mencetak dua gol dalam satu pertandingan. Saya mencoba melakukan tugas saya, dan saya sangat tenang, sangat puas, dan sangat senag berada di sini.”

Beberapa hari belakangan, memang berkembang isu bahwa Fabregas frustasi karena tidak mendapat tempat di tim utama Villanova. Sontak, isu itu mengundang spekulasi transfer sang pemain. Milan bahkan mengklaim akan mengajukan penawaran untuk gelandang 25 tahun itu januari mendatang. Tapi Fabregas menyatakan tak akan pindah dan siap berjuang merebut tempat utamanya di Blaugrana.

“Apa yang saya inginkan adalah untuk tetap tinggal dan bermain untuk Barca. Saya akan berjuang keras untuk itu,” tutup Fabregas. []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar